FEB UMSU I Hai sobat FEB UMSU , Kali ini admin akan membahas tentang manajemen lebih spesifik lagi, yaitu tentang manajemen pemasaran , kira kira jadi apa ya tamatan dari manajemen pemasran ini?. Apa Jadi Marketing kh ? atau Sales ? sebelum itu kita harus tau dulu apa sih itu manajemen pemasran ?.Manajemen pemasaran Yaitu suatu proses penentuan tujuan pemasaran, analisa proses pemasaran, dan pemenuhan rencana tujuan pemasaran untuk perusahaan atau organisasi.
Hampir setiap perusahaan tentunya manajemen pemasaran yang berkontribusi atas menganalisa dan mengatur proses pemasaran produk perusahaan. Divisi pemasaran tidak bisa diabaikan karena berkontribusi dalam banyak hal untuk kelancaran proses pemasaran produk.
Seperti yang sudah dijelaskan diawal, pengertian manajemen pemasaran adalah suatu proses penentuan tujuan pemasaran, analisa proses pemasaran, dan pemenuhan rencana tujuan pemasaran untuk perusahaan atau organisasi. Selain itu, manajemen pemasaran juga menganalisis dan mengukur tentang strategi proses pemasaran suatu perusahaan atau organisasi. Lebih singkatnya, manajemen pemasaran adalah divisi yang mengatur setiap proses pemasaran produk hingga menganalisa setiap proses pemasaran
Pemasaran sangat penting dalam perusahaan atau organisasi karena dengan adanya pemasaran, perusahaan bisa meraih target pasar yang dituju dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Lalu bagaimana Pengertian Manajemen Pemasaran Dan Konsepnya Pada Era Serba Era Digital Seperti Sekarang? Anda bisa membaca tulisan 5 konsep penting dalam manajemen untuk memasarkan produk anda disini, atau bisa juga melanjutkan untuk membaca tulisan ini dulu sampai selesai.
Dengan begitu pastinya akan lebih memahaminya secara keseluruhan mengenai pengertian manajemen pemasaran disini. Jadi, apa itu manajemen pemasaran dalam konsep ekonomi digital?
Dengan era digital seperti saat ini, manajemen pemasaran banyak melakukan perubahan yang mampu membuat perusahaan tetap bertahan di era digital.Tentunya setiap perubahan dilakukan dengan penyesuaian era digital yang diperlukan. Ada beberapa konsep yang bisa diterapkan untuk memahami pengertian manajemen pemasaran di era digital dan startup digital. Berikut adalah beberapa di antaranya
1.:Manajemen Produksi
Yang Pertama adalah manajemen produksi. Konsep manajemen pemasaran produksi adalah konsep di mana perusahaan menekan biaya produksi sebesar mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Untuk melakukan konsep manajemen produksi, biasanya perusahaan akan menekan biaya produksi. Caranya adalah dengan memproduksi sebanyak mungkin produk yang akan dijual. Konsep seperti ini akan cocok diaplikasikan untuk usaha yang fast moving seperti pakaian rumahan atau bahkan bahan mentah yang sering digunakan orang.
2.Konsep Produk
BIasanya manajemen pemasaran yang menggunakan konsep produk berorientasi pada produk yang dibuat.Perusahaan fokus memberikan produk yang terbaik untuk disediakan pada pelanggan mereka.Tentunya pelanggan akan puas dengan produk yang bagus dan mereka menjadi loyal terhadap produk perusahaan.
Konsep ini akan cocok jika Anda menyasar pasar menengah ke atas yang lebih peduli dengan kualitas produk yang baik tanpa memperdulikan harga.Karena pastinya jika fokus pada kualitas produk, maka produk yang dihasilkan akan memiliki harga yang juga mahal.
3.Konsep Penjualan
Dalam konsep penjualan, perusahaan percaya bahwa menarik pelanggan adalah dengan sistem penjualan yang menarik.Biasanya, perusahaan akan melakukan banyak cara yang berhubungan dengan proses penjualan agar pelanggan mau membeli produk mereka.
Cara ini memang bisa dilakukan dengan baik meskipun tidak selamanya akan berhasil.Salah satu contoh konsep penjualan pada produk adalah memberikan diskon pada pelanggan.Biasanya konsep ini banyak dilakukan oleh e-commerce atau toko online yang melakukan penjualan secara digital.
4.Konsep Pemasaran
Biasa juga disebut dengan Konsep Marketing, konsep manajemen pemasaran ini berfokus pada apa yang diperlukan oleh target pasar. Cukup berbeda dengan konsep penjualan yang sebelumnya telah dijelaskan.
Konsep pemasaran memang cenderung memiliki pelanggan yang loyal dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.. Hanya saja, Anda harus mengatur agar target pasar Anda kalangan menengah ke atas. Karena memiliki produk dan menggunakan konsep pemasaran untuk memasarkan produk berarti Anda bergantung hanya pada kebutuhan konsumen Anda.
5.Konsep Sosial
Konsep sosial atau konsep pemasaran sosial adalah konsep pemasaran yang berfokus pada dampak sosial yang terjadi.Dengan menggunakan konsep ini, perusahaan percaya bahwa pelanggan akan puas dengan produk yang memiliki dampak sosial yang positif untuk sekitar.
Konsep sosial yang dimaksud bisa saja dampak sosial pada lingkungan atau misalnya pada pekerja yang terkena dampak COVID-19 selama masa pandemi.Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan AkuratEra digital banyak mengubah konsep manajemen pemasaran.Namun, konsep pemasaran apapun yang digunakan, akan lebih mudah jika Anda paham produk dan target pasar Anda.
Pasalnya, jika produk Anda dipasarkan dengan cara yang tepat, maka bisnis Anda akan lebih mudah lancar.Setelah mengetahui bagaimana manajemen pemasaran perusahaan, kesalahan fatal yang terjadi dalam berwirausaha adalah tidak adanya pengelolaan keuangan yang rapi.
Pengelolaan keuangan sangat penting untuk bidang usaha manapun.Oleh karena itu, Anda perlu memudahkan hal keuangan dengan menggunakan software akuntansi online Jurnal. Ini akan membuat tidak perlu kesulitan mengelola akuntansi usaha, tetapi pada keseluruhan usaha dapat menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal.
Nah, sekarang sudah paham mengenai apa itu manajemen pemasaran, apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran, juga tentang pengertian manajemen pemasaran adalah suatu proses penentuan tujuan pemasaran, analisa proses pemasaran, dan pemenuhan rencana tujuan pemasaran untuk perusahaan atau organisasi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk siapapun yang memerlukannya. Jangan lupa dibagikan ke teman sekelas serta teman setongkrongan yang mungkin juga akan perlu informasi ini.